Buka Module Sales A/R - Sales Quotation
Kamu dapat membuat Dokumen Sales Quotation untuk ditujukan kepada calon pelanggan, Ataupun kepada pelanggan anda. Dokumen ini biasanya hanya digunakan sebagai proposal awal atau sebagai dokumen yang bersifat penawaran
Di Dalam SAP Business One Dokumen ini hanya sebagai informasi awal saja kepada calon pelanggan.
Dan merupakan link pertama dalam proses penjualan
Yang wajib diisi dalam dokumen ini dengan tulisan bewarna Biru
Bagian Header
1. Customer - Jika Anda melihat pada gambar anda cukup melakukan klik bulatan yang bergaris
(Choose Form List) maka akan
ditampilkan semua list customer yang sudah di daftarkan sebelumnya pada Business Partner Master Data
2. Name - Contact Person Akan Diisi otomatis oleh system sesuai dengan Customer yang dipilih
3. Customer Ref No - Field tambahan yang digunakan oleh SAP yang dapat diisi dengan no referensi Customer dan bersifat optional
4. No Dokumen - Anda cukup memilih Series yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tergantung pada List Series sudah didaftarkan pada Document Numbering
5. Status - Otomatis oleh System yang berisi
- Open - Transaksi Baru dibuat dan belum ada Transaksi lainnya
- Open Printer - Sudah pernah di print dari system
- Closed - Sudah ada transaksi Sales Order
- Canceled - Dibatalkan manual oleh User
- Unapproved - Tidak Disetujui oleh atasan, harus menggunakan Approval procedure
- Paid - Transaksi sudah dibayar
- Delivered - Transaksi Baru tahap pembayaran
6. Posting Date - Tanggal Anda melakukan penginputan Di SAP
7. Valid Until - Menentukan batas waktu dokumen
8. Document Date - Tanggal Dokumen tersebut dibuat
9. Sales Employee - Nama Karyawan yang melakukan Transaksi ini
10. Owner - Optional
11. Remarks - Catatan singkat
12. Total Before Discount - Total harga dalam satu dokumen sebelum ada diskon (otomatis)
13. Discount - Diskon yang diberikan dalam satu dokumen. SAP juga memungkinkan untuk memberikan diskon per item yang dapat diisi pada Bagian detail
14. Freight - Biaya angkut
15. Rounding - Hanya sebagai pembulatan diinput secara manual oleh user
16. Tax - Otomatis tergantung pada tax di bagian detail
17. Total - Total dalam satu dokumen (Total before discount - Discount + Freight + Tax)
18. Item/Service Type - memungkinkan untuk melakukan penjualan jasa
Bagian Detail (Sangat banyak Field tambahan yang ada Di SAP, Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan Saya hanya merinci kolom apa saja yang wajib diisi), Cara menyesuaikan dapat mengklik Form setting
Terdiri dari beberapa bagian Klik saja bagian tab yang ada di detail yaitu
Content
1. Item No - kode Item yang akan dijual
2. Description - Nama barang yang akan dijual
3. Quantity - banyaknya quantitiy yang akan dijual
4. Warehouse - jika belum diisi (Biasanya otomatis tergantung pada saat anda melakukan setting di item master data)
Logistic
Accounting
No comments:
Post a Comment