1. Melakukan Setup yang ada pada Module Administration - System initialization - General Setting - Budget
2. Centang Budget Initialization
3. Pilih Option untuk melakukan Block Document, Warning ataupun tidak ada warning ketika transaksi telah melewati batas anggaran
4. Pilih
- Annual Budget - Anggaran Tahunan pengaturan dilakukan pada setiap user
- Monthly budget - Anggaran Bulanan pengaturan anggaran untuk semua user Setelah logon kembali dari SBO.
Tahap selanjutnya adalah melakukan setup yang ada pada module Financial - Budget Setup - Budget Scenario
Budget Name : Penamaan Sesuai Dengan sekenario Anggaran pada tahun berjalan. Penamaan Harus Unik
Based On : Skenario anggaran yang menjadi dasar skenario anggaran yang ditetapkan. Skenario anggaran independen harus didasarkan pada dirinya sendiri.
Initial Ratio : Untuk Mengatur persentase anggaran yang ditetapkan berdasarkan pada budget dasar. Jika Budget Scenario berdasarkan pada dirinya sendiri maka initial ratio harus 100%Rounding method : Metode pembulatan untuk Amount budget pada setiap sekenario
Cara melakukan penginputan Pada Scenario Dapat dilakukan dengan 2 cara
1. Right Click kemudian Add Row
2. Pada Menu Bar Data - Add Row (Ctrl + i)
Budget Distribution Method Adalah metode yang digunakan untuk distribusi budget.
Untuk Defaul System telah terbentuk 3 metode yang tinggal digunakan. Metode tersebut adalah
Equal, Jumlah Anggaran didistribusikan merata diantara 12 Bulan
Ascending Order, Anggaran didistribusikan sedemikian rupa sehingga sebagian besar didedikasikan untuk bulan-bulan terakhir, dan hanya sebagian kecil digunakan selama bulan-bulan pertama.
Descending Series, Anggaran didistribusikan sedemikian rupa sehingga sebagian besar didedikasikan untuk bulan-bulan pertama tahun ini, dan jumlah yang ditetapkan untuk setiap bulan berkurang sebagai tahun berlangsung
Anda Dapat menambahkan Metode lainnya jika memang dibutuhkan (Manual), Memungkinkan Anda untuk secara manual menentukan bagaimana anggaran didistribusikan antara bulan yang berbeda. Anda dapat, memutuskan bahwa anggaran didistribusikan antara dua bulan saja.Langkah Selanjutnya adalah mengisi budget pada account yang akan digunakan.
Caranya adalah dengan membuka module Financial - budget setup - Budget
Pilih Scenario yang akan digunakan untuk menentukan pengisian Budget
Pilih account yang akan diinput budgetnya.
klik button OK
Jumlah anggaran dalam mata uang lokal.
Debit, Perhitungan anggaran selalu dilakukan terhadap sisi debet.
Credit, Jumlah anggaran untuk rekening pembayaran masuk, untuk tujuan pelaporan saja.
Actual, Jumlah Actual anggaran yang telah digunakan
Contoh Diatas merupakan Pembagian anggaran menggunakan Metode Equal dimana Anggaran tersebut Dibagi rata dalam 12 Bulan, Untuk Lebih Detailnya atau ingin mengubah metode yang digunakan anda cukup melakukan double klik pada no disebelah kiri
Anda Dapat mengubahnya jika anggaran tersebut ingin menggunakan metode manual,
misalnya untuk bulan january saya ingin memberikan anggaran sebesar USD 900.
Setelah Budget Setup Dilakukan Sekarang saatnya anda mencoba untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan account yang sudah di setup. Kelanjutannya akan ditambahkan kemudian
Untuk Video dapat dilihat pada link ini http://www.youtube.com/watch?v=m9T0cPywUwg
No comments:
Post a Comment