Module ini memuat semua proses penjualan mulai dari membuat Sales Quotation - Sales Order - Delivery - Invoice bahkan untuk mengembalikan barang (Retur). SAP sendiri memiliki beberapa fungsi tambahan yakni penyimpanan sementara untuk transaksi yang sudah diinput (Draft Document) dan pembuatan laporan.
SAP Business One menyediakan berbagai pilihan dokumen penjualan, masing-masing yang berkaitan dengan tahap yang berbeda dari proses penjualan.
Penyesuaian dokumen juga dapat dilakukan untuk memenuhi persyaratan khusus, sebagai berikut:
- Menggabungkan berbagai jenis konten dalam satu dokumen penjualan dengan membuat pengaturan yang sesuai dengan fungsi Form Setting yang ada di SAP Business One
- Pembuatan Batch Document number
- Pembuatan Surat menggunakan Dunning Wizard (Pengingat Untuk Faktur yang mulai jatuh tempo)
- Penambahan field-field tambahan dengan menggunakan fungsi yang sudah ada yakni User Defined Field
Setiap proses penjualan selalu melibatkan dokumen, seperti pesanan penjualan atau faktur A/R. SAP Business One memberikan semua informasi yang relevan dari satu dokumen ke yang berikutnya dalam arus dokumen, Sehingga memudahkan user untuk melihat dokumen-dokumen lain yang terkait. Anda dapat menyesuaikan langkah-langkah sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis
Untuk menghindari error selama pembuatan dokumen maka diperlukan tahapan selanjutnya yakni mensetting beberapa data yang dijadikan kunci utama dalam pembuatan dokumen seperti
- Partner Bisnis Di SAP Business One dikenal dengan nama Business Partner Master Data, yang berisi mengenai informasi alamat tagihan dan kapal, persyaratan pembayaran pelanggan dan jatuh tempo
- Item Master Data
- Sales Quotation
- Sebelum melakukan pemesanan. Pelanggan sering membutuhkan review penjualan untuk diperiksa di perusahaan mereka. Sebagai proposal barang dan jasa ke pelanggan atau calon pelanggan. Dalam Transaksi ini tidak akan membentuk jurnal dan mempengaruhi nilai-nilai persediaan.
- Sales Order
- Dokumen penjualan berdasarkan komitmen dari pelanggan atau mengarah untuk membeli produk atau jasa. Dokumen penting untuk perencanaan produksi, menciptakan pesanan pembelian dan penjadwalan sumber daya.
- Delivery
- Catatan pengiriman bahwa barang telah terkirim
- AR Invoice
- faktur Penagihan yang ditujukan untuk meminta pembayaran ke pelanggan dan sebagai catatan Laba-Rugi
- AR Reserve Invoice
- Permintaan dari pelanggan untuk mencetakan faktur terlebih dahulu sebelum pengiriman barang dilakukan
- Return
- Digunakan sebagai dokumen untuk barang yang dikembalikan dari pelanggan
- A/R Invoice + Payment
- dokumen untuk penjualan tunai kepada pelanggan. SAP Business One memperlakukan faktur penjualan dan Pembayaran langsung dibuat otomatis
- A/R Credit Memo
- Digunakan untuk membatalkan transaksi jika barang sudah di kirim dan invoice sudah diterbitkan
- A/R Down Payment
- Membuat permintaan pembayaran untuk perusahaan customer. Dokumen ini tidak akan membentuk Jurnal Dan tidak mempengaruhi Stock.
Halo Mas Sukarno, keren blognya. Boleh ga minta ajarin SAP. hehehe
ReplyDeleteMas Eldias, Wah kalau diajarin SAP terlalu banyak. Ambil kursus saja
DeleteMAS KALO MAU HAPUS A/R INVOICE GIMANA CARANYA,,,MAKASIH SEBELUMNYA
ReplyDeleteSeluruh Transaksi di SAP Tidak dapat dilakukan Penghapusan Termasuk AR Invoice, Hanya dapat dilakukan Cancel.
DeleteMas bisa gak menambahkan dalam Program SAP membuat surat pengantar tagihan kepada customernya?sehingga kita tdk perlu membuat program lain diluar SAP untuk itu?
DeleteDear Pak Hery Tsabit,
DeleteBisa dengan menggunakan Addon sehingga bisa diintegrasikan ke SAP