Welcome To my Blog

Semoga blog ini bermanfaat buat Rekan-Rekan.
Blog ini dibuat untuk membantu teman-teman mempelajari SAP Business One dengan versi bahasa indonesia yang telah saya buat sendiri. Blog ini berisi mengenai configurasi, Pembuatan Query, Print layout Designer, Cystal Report, Formatted Search, Addons.
Saya tidak segan untuk membantu teman-teman yang ingin mengenal SAP Business One, Apabila terdapat pertanyaan mari kita diskusikan di dalam komentar yang sesuai dengan topik. Sehingga teman-teman yang lain juga dapat berinteraksi di blog ini, Jika Topik yang teman-teman inginkan tetapi belum ada dalam blog ini jangan ragu untuk request melalui email. (Saya juga membuka Private class untuk teman-teman yang ingin mempelajari SAP B1, Untuk Pendaftaran dapat Email ke saya)
Saya akan menjawab pertanyaan anda selama saya dapat menjawabnya. ^_^

Semoga Blog ini bermanfaat dan tidak disalahgunakan.
Ditunggu Vote Dan Komentar nya

Regards,
Ang Sukarno

Email : karno_indonezia@yahoo.co.id


Wednesday, April 22, 2015

Pengenalan SAP Business One

Mungkin banyak dari Rekan-rekan yang berpikir apa sih SAP itu. Saking banyaknya yang tidak mengetahui sehingga banyak istilah-istilah yang muncul dari muka bumi :) Seperti (Sabar Aja Pak, Saya Amat Pusing dan masih banyak lagi istilah lainnya). Biar tidak Pusing lagi mari kita simak apa itu SAP.

SAP (System Application and Product in data processing) adalah Sebuah software berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) yang sengaja diciptakan untuk memberikan akses informasi yang real time dengan sistem Financial, CRM, manufaktur, dan kemampuan dalam meningkatkan managemen. 
SAP Business One dapat dijalankan pada microsoft Windows.

Ada beberapa module yang dimiliki oleh SAP Business One yakni

Administration
- berisi dasar Setup sistem untuk Currency exchange Rate, Setup    sistem, Autorisasi, Warning dan fungsi untuk export impor data.

Financial
- Memanage semua data akunting dan Account, general ledger, dan laporan keuangan. Sebagai tambahan SAP Business One memiliki fungsi untuk mengontrol budget dan profit untuk mendapatkan pendapatan dan biaya.

Sales opportunities
- Membantu bagian penjualan untuk memanage peluang dan menganalisa informasi data penjualan.

Sales A/R
- Menghandle semua aspek proses penjualan, mulai dari Pesanan penjualan, Pengiriman, invoice hingga retur.

Purchasing A/P
- Memanage semua transaksi vendor/ Supplier. Berisi tentang proses pembelian barang hingga ke invoice. Di module ini juga memilki fitur tambahan untuk menambahkan harga pokok dari biaya angkut dan fungsi lainnya

Business Partner
- menyimpan data master  untuk semua Supllier, Pelanggan, dan calon pelanggan.

Banking
- menghandlle secara penuh semua transaksi yang berurusan dengan keuangan.

Inventory
- memanage Stock di gudang, list harga, harga special, alternatif item, transaksi gudang, seperti Proses pengepakan yang menggunakan Batch dan Serial number.

Production
- menghandle komponen-komponen produksi hingga ke proses produksi nya.

MRP (Material Requirement Planning)
- memanage semua kebutuhan material di dalam proses manufaktur.

Service
- Memantau interaksi antara bagian penjualan dengan pelanggan. dan juga dapat memaintain informasi mengenai service contract, item dan serial number.

Human Resource
- memuat informasi karyawan dalam perusahaan dan meningkatkan kemampuan dari masing-masing Staff.

http://wiki.sdn.sap.com/wiki/display/B1/SAP+Business+One+...To+Go+-+2.+The+Personality+of+SAP+Business+One

No comments:

Post a Comment